Komputer Shutdown Sendiri? Ini Dia Penjelasannya

Jika komputer mati dan sebelumnya ada peringatan, itu berarti anda masih bisa mengetahui kira-kira sumber masalahnya apa, tetapi kalau sedang digunakan tiba-tiba komputer mati sendiri begitu saja tanpa ada peringatan?, inilah sebab dan solusinya :


1. Komputer terlalu panas (over heat)
solusi : jika telah melebihi panas maksimal yang disyaratkan (terutama prosesor). Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, prosesor,atau perangkat lain dikomputer anda terlalu panas. jika anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer anda.

Anda dapat memulai dengan memeriksa kipas pada power supply dengan memeriksa bagian belakang komputer mati dan melihat apakah kipas angin bergerak lancar. anda bisa juga membuka komputer dan pastikan kipas bekerja (kipas prosesor dan kipas casing) dan/ atau jika VGA menggunakan kipas, lalu silahkan masuk ke BIOS dan pastikan BIOS tidak melaporkan kesalahan apapun. perhatikan juga letak dari alumunium pendingin sebab jika posisinya tidak tepat, maka walapun ada kipas, proses pendinginan akan tetap ada masalah pengguna dapat juga menentukan seberapa panas komputer dengan onboard sensor termal. jika komputer anda dilengkapi dengan sensor ini, pastikan anda tidak aktif over heat.

2. Masalah kesalahan/kerusakan hardware
solusi : Jika anda baru menambahkan perangkat keras baru, pastikan itu tidak menyebabkan masalah-masalah bagi komputer anda. jika masalah muncul ketika anda baru saja memasang hardware baru kedalam komputer, maka bisa dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya.jalankan komputer tanpa hardware baru tersebut, amati masalah tersebut selesai atau tidak

3. Virus Komputer
Mungkin komputer anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan komputer anda. Jika komputer mati sendiri ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika anda menjalankan program ms. word maka itulah tandanya bahwa program tsb. terserang virus. pastikan anda melakukan scanning virus terbaru.

4. Masalah pada sistem operasil, misal windows
Coba masuk ke BIOS, tunggu beberapa waktu, jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu, maka masalahnya kemungkinan pada windows nya.

5. Kegagalan lain dari hardware
Jika setelah menginstall ulang SO, atau selama instalasi SO anda, kasus yang sama masih terjadi, sangat mungkin bahwa kegagalan hardware lainnya di komputer, misal RAM, CPU, Mother Board, dan Power Supply.

Semoga Bermanfaat

sumber : trik-komputer-internet.blogspot.com

No comments:

Powered by Blogger.